BLEED AIR SYSTEM
Di
pesawat udara banyak penerapan sistem yang membutuhkan tekanan udara dan
pemanasan. Terutama di pesawat jet yang terbang tinggi di atmosfir yang
bertekanan lebih rendah daripada tekanan udara di permukaan bumi/daratan.
Tenaga dari tekanan udara ini disebut sistem
pneumatik. Biasanya dalam sebuah pesawat jet/turbofan/turboprop, sistem
pneumatik ini dibutuhkan antara lain untuk memberikan tekanan pada:
tanki air,
tanki sistem hidrolik,
menggerakkan starter,
pengatur udara (A/C) dan tekanan kabin (pressurization
system),
menggerakkan thrust reverser,
sistem anti ice,
ventilasi,
sistem rem, dll."
Di
pesawat Boeing yang terbaru B787, kebutuhan tenaga pneumatik ini dihasilkan
dari kompresor yang digerakkan secara elektrik. Sedangkan pada pesawat bermesin
turbin konvensional pada umumnya, tenaga pneumatik ini didapat dengan cara
mengambil tekanan udara yang dihasilkan oleh kompresor.
Karena mesin turbin menghasilkan tekanan yang besar di
kompresornya, maka “mencuri” sedikit dari tekanan ini menghasilkan udara
bertekanan yang disebut dengan bleed air
http://www.grc.nasa.gov/WWW/K-12/airplane/Animation/turbtyp/etff.html
Pada gambar di link di atas, kompresor adalah
bilah-bilah di tengah mesin yang berputar dengan kecepatan tinggi dan
menghasilkan tekanan tinggi. Di antara bilah-bilah tersebut bagian mesin dilubangi
untuk mendapatkan bleed air.
Bleed air
ini selain bertekanan tinggi juga bersuhu tinggi. Suhu yang tinggi ini
dimanfaatkan sebagai anti ice dengan cara mengalirkan udara panas ini ke
permukaan pesawat yang tidak boleh terkontaminasi oleh es seperti misalnya
sayap.
Tekanan
yang tinggi digunakan untuk menekan udara di kabin sehingga manusia tetap dapat
bernafas di ketinggian yang ekstrim. Pada umumnya manusia bisa bernafas dengan
normal pada ketinggian 10 ribu kaki, sedangkan pesawat jet komersial bisa
terbang sampai 41ribu kaki.
Udara
bertekanan dari bleed air ini harus diturunkan suhunya agar bisa membuat kabin
nyaman karena udara yang diambil dari mesin turbin masih merupakan udara panas.
Di link berikut ini dapat anda lihat contoh gambar
skema dari sistem pneumatik pesawat B737.
Sedangkan
aplikasi pada a/c (air conditioning) pesawat B737 dapat dilihat di sini
0 komentar:
Post a Comment