GROUND HANDLING STAFF
Ground handling staff adalah staff yang
bertugas menangani semua alur penumpang maupun bagasi serta cargo yang
dimulai dari proses reservasi penumpang hingga penumpang tiba di
terminal kedatangan bandara....
GROUND HANDLING
UNIT-UNIT GROUND HANDLING :
A. Pasasi
-Check in Counter
-Boarding Gate
-Transfer Desk
-Services
-Greeting
B. Bagage handling
-Bagage Checker
-Loading Master
-Lost&Found
E. CRO
C. Ramp
D. Cargo Handling
E. Operation
F. Catering
G. Security
A. PASASI
Pasasi adalah bagian dari ground handling yang menangani penumpang dimulai dari proses check in hingga penumpang naik ke pesawat(Aircraft),dan menangani proses penumpang transit.
===>Check in Counter
Check in Counter adalah tempat melapor nya penumpang yang ingin menggunakan jasa penerbangan.
1. Persiapan-persiapan petugas Check in Counter adalah :
- Perhatikan Performance diri
- Mengecheck display pada billboard, apakah sudah sesuai dengan penerbangan yang akan kita incharge.
- Menyiapkan label bagasi,limited release, surat pernyataan & boarding pass
- Check in counter dibuka 2 jam sebelum waktu keberangkatan dan ditutup 30 menit sebelum
keberangkatan.
- Berkoordinasi dengan petugas operation/ramp perihal no.penerbangan yang akan digunakan.
2. Tugas-tugas pokok Check in Counter :
-Mengecek Validity tiket, tanggal penerbangan, rute penerbangan & Class.
-Mencocokkan dokumen penumpang seperti KTP, PASPORT atau SIM yang akan di cocokkan dengan
tiket.
- Menyobek Flight Coupon.
- Mengecek bagasi, menimbang bagasi, dan menempelkan label bagasi serta memberikan claim tag
kepada penumpang
- Menangani excees bagage.
- Menentukan sheet number penumpang serta menerbitkan boarding pass.
- Menangani Penumpang GO SHOW
- Berkomunikasi & berkoordinasi dengan unit lain.
0 komentar:
Post a Comment